EMPAT AMALAN MENDAPATKAN RIDHO ALLAH

Pertama :
Bila kamu melihat semut, maka janganlah kamu membunuhnya. Carilah dengan itu ridha Allah, semoga Allah mengasihani kamu sebagaimana kamu mengasihaninya. Kamu ingatlah bahwa ia bertasbih kepada Allah, maka jangan engkau hentikan tasbih ini dengan membunuhnya.

Kedua : 
Bila kamu nampak burung sedang minum air dari kolam, maka janganlah kamu lalu di sebelahnya sehingga menakutkannya. Biarkan ia dengan perasaan yang aman. Engkau carilah dengan itu ridha Allah, semoga Allah mengamankan kamu pada hari di mana, nyawa telah sampai di tenggorokan.

Ketiga :
Bila kamu hendak mengalihkan kucing yang sedang mengganggu di tengah jalan, elakkan dari membuatnya terkejut. Carilah dengan itu ridha Allah. Semoga Allah memelihara engkau dari kematian yang mengejut.

Keempat : 
Bila engkau terpaksa membuang sisa atau bekas makanan, jadikanlah niat engkau hendak memberi makhluk lain makan. Carilah dengan itu ridha Allah. Semoga Allah mengaruniakan engkau rezeki dari jalan yang tak disangka.

Bila engkau berniat menyebarkan perkataan-perkataan ini, niatkanlah dengannya kebaikan, semoga Allah melepaskan engkau dengannya kesusahan dari kesusahan dunia dan akhirat.

Oleh itu, buatlah kebaikan walau sekecil apapun karena engkau tidak akan tau amalan mana yang dapat memasukkan engkau ke surga Allah SWT seluas langit dan bumi.

(Syeikh Mutawalli Asy-ya'rowi Rohimahullah)