7 TIPU DAYA SYAITAN DALAM IBADAH SHOLAT.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم 

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين و على آله وصحبه اجمعين. أما بعد:

TAZKIRAH HARI INI UNTUK RENUNGAN BERSAMA.  (Shah Alam , Selasa 31 Mac 2015).
 
7 TIPU DAYA SYAITAN DALAM IBADAH SHOLAT.

Sholat merupakan kewajiban setiap umat Islam yang dilakukan 5 kali dalam sehari. Dan sholat yang dikerjakan dengan baik akan dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar. Allah SWT berfirman dalam  Surah Al-Ankabuut, ayat 45:

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Ertinya:
"Bacalah serta ikutlah (wahai Muhammad) akan apa yang diwahyukan kepadamu dari Al-Qur'an, dan dirikanlah sholat (dengan tekun); sesungguhnya sholat itu dapat mencegah dari perbuatan yang keji dan mungkar; dan sesungguhnya mengingati Allah SWT adalah lebih besar (faedahnya dan kesannya); dan (ingatlah) Allah SWT mengetahui akan apa yang kamu kerjakan".

Namun demikian,  dalam sholat yang di kerjakan tidak terlepas dari gangguan syaitan itu sendiri. Syaitan dalam memesongkan manusia dari kebenaran tidak hanya melalui DOSA dan KEMAKSIATAN. Syaitan bekerjasama dengan nafsu juga menipu manusia dalam KETA'ATAN dan PERIBADATAN . 

Pada TAZKIRAH hari ini, USM ingin menjelaskan tentang 7 jalan syaitan mengganggu manusia dalam peribadatan dan ketaatan. Adapun 7 TIPU DAYA SYAITAN tersebut adalah : 

1. Syaitan membisikkan kepada kita agar tidak perlu melaksanakan Sholat ," untuk apa penat-penat Sholat, orang yang rajin Sholatpun hidupnya masih susah , apakah kita nak seperti mereka ", bisik syetan dalam hati ribuan kali , " sekali-sekala kita tak Sholat kan boleh juga , simpanan pahala kita kan sudah banyak, bisik syaitan lagi". 

Maka kita jawab kepada syaitan : Sholat adalah wajib, sholat bukan untuk cari uang , sholat adalah kewajiban  manusia sebagai bekal di Akhirat, kita ingin masuk Surga dan syarat utamanya adalah dengan mendirikan Sholat. 

2. Jika syaitan gagal dengan jurus pertama, maka syaitan akan mengeluarkan jurus yang kedua iaitu dengan MENUNDA-NUNDA waktu sholat : " Nanti saja Sholatnya habiskan dulu pekerjaan atau kesibukan tersebut, bisik syaitan. 

Bantahan untuk syaitan : Saya harus mengerjakan Sholat sekarang juga , ini perintah Allah SWT jangan ditunda-tunda.

3.Jika jurus kedua untuk menunda-nunda sholat masih gagal,  maka syaitan akan  menggunakan jurus yang ketiga yaitu :  dengan TERGESA-GESA dan TIDAK TUMA'NINAH dalam mengerjakannya. Mulai angkat tangan dan membaca takbir "ALLAHU AKBAR" sampai SALAM , syaitan selalu membisikkan agar cepat-cepat selesai sholat san terus pergi, tidak perlu membaca Istigfar ,Tasbih dan Tahlil. 

Bantahan untuk syaitan : Amal sedikit tapi disertai dengan kesempurnaan lebih utama daripada amal banyak tapi penuh kekurangan.

4. Iurus yang keempat,  Syaitan akan membisikkan ke dalam hati kita supaya beribadah dengan KHUSYU' , TUMA'NINNAH ,memahami setiap gerakan dan bacaan tatapi dengan niat agar dilihat orang bahwa aku adalah orang yang paling Khusyuk' Sholatnya paling alim serta paling mengerti hujun hakam Agama, itulah bisikan syaitan agar supaya kita RIYA' ( ingin dipuji , ingin dihormati dan ingin disanjung karena kesalehan dan kealiman kita ). 

Bantahan untuk Syetan : Aku beribadah karena ALLAH  SWT. 

5. Jurus kelima syaitan akan  menipu kita dengan sifat 'UJUB. Bangga dengan kepandaian dan kealiman kita ." Alangkah pandainya kamu, alangkah mengertinya kamu , alangkah bagusnya Sholatmu, syaitan tidak dapat menjerumuskan mu  malah memuji kepintaran kita dalam mengenali tipu daya syaitan . Maka kita jawab kepada " Kepintaran melihat tipu daya syaitan tidak akan aku pahami tanpa petunjuk dari ALLAH SWT .

Bantahan untuk syaitan : Mengapa harus bangga dengan ilmu yang sebenarnya ILMU itu milik ALLAH SWT .Atas Karunia dan Taufiq-Nya aku mengerti hal ini. 

6. Jurus keenam ini banyak yang tidak tahu, bisik syaitan : Kalau engkau takut dilihat manusia , takut ada riya' didalam hatimu , bersungguh-sungguhlah beribadah dengan bersendirian, tidak ada orang yang tahu, apatah lagi dilakukan ketika orang sedang nyenyak tidur malam. Meskipun orang tidak tahu ibadahmu, tapi mereka akan tahu dari bekas-bekas Ibadahmu, dahimu terlihat hitam karena terlalu banyak Sujud. Syaitan memuji kegigihan dan ketekunan ibadah kita diwaktu sunyi .tapi dibalik itu menimbulkan sifat Riya' . 

Maka Bantahan untuk syaitan : Wahai syaitan yang terkutuk !!! engkau telah menggodaku berbagai cara, engkau menyuruh beribadah tanpa sepengetahuan manusia tapi niatmu untuk membangkitkqan sifat Riya'dalam diri ku. Aku beribadah hanya kepada Allah SWT.

7. Jurus yang ketujuh,  Sebenarnya engkau tidak perlu melakukan semua ini, kalau Allah SWT mentaqdirkan engkau masuk dalam golongan ahli Surga, pasti Allah SWT akan mentaqdirkan engkau akan melakukan amalan ahli surga, inilah jurus terakhir syaitan. 

Ya Allah berikan kekuatan kepada kami untuk dapat melaksanakan ibadah dengan baik. Semoga Engkau sentiasa memberi kami hidayah dan taufiq-NYA, sehingga kami dapat selamat dari jerat dan tipu daya syaitan LAKNATULLAH , Aamiinn ... Aamiinn Yaa Robbal 'Aalamiin !!!!!

Wallahu A'lam. 
Doakan istiqamah serta Sehat wal Afiat. 
Wassalam USM. (Ustaz Sihabuddin Muhaemin).

Catatan:
ILMU ITU MILIK ALLAH SWT UNTUK DISEBARKAN. 
Sila KONGSIKAN Dengan Sesama SAUDARA  KITA. 
Mudah-Mudahan bermanfaat Untuk Semua.
Di Dunia Dan Di Akhirat Nanti. Insya-Allah. Aamiinn !!!!!

Kritik Dan Saran Yang Membina Sangat Dialu-alukan. 
Sila tlp/sms kami, USM (012-6653988). 
Atau layari laman facebook:
http://www.facebook.com:
USM - Sihabuddin Muhaemin.

TERIMA KASIH.  
(Shah Alam,  Selasa 10 Jamadil Akhir 1436 H).