12 KELEBIHAN ZIKRULLAH DALAM KEHIDUPAN MANUSIA.

ألسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم 

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين و على آله وصحبه اجمعين. أما بعد:

TAZKIRAH HARI INI UNTUK RENUNGAN BERSAMA.   
(Shah Alam, Rabu 15 April 2015).

12 KELEBIHAN ZIKRULLAH DALAM KEHIDUPAN MANUSIA.
 
Sehari dua ini Di laman SOSIAL banyak di fokuskan tantang zikir Sufi. Pada TAZKIRAH hari ini USM ingin menyentuh sedikit tentang kelebihan zikir. Mudah-Mudahan bermanfaat bagi semua. Maaf jika agak sedikit panjang TAZKIRAH nya.

Zikir merupakan salah satu syariat Islam yang di perintahkan Allah SWT, yang tujuan utamanya adalah untuk mengingati Allah SWT,  dengan caranya masing-masing,  dengan cara berjalan, berdiri, duduk, berbaring dan lain sebagainya. Selagi ianya tidak bercanggah dengan syariat Islam yang ada. 

Allah SWT berfirman Surah Ali-'Imran, ayat 191:

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Ertinya:
Orang-orang yang mengingat Allah SWT sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa api neraka". (QS. Ali Imran: 191).

Dzikir berasal dari kalimat ذكر، يذكر، ذكرا yang artinya mengingat sesuatu atau menyebut setelah lupa atau makna yang lain adalah berdoa kepada Allah.

Menurut Imam an-Nawawi:
“Berdzikir adalah suatu amalan yang disyari’atkan dan sangat dituntut di dalam Islam. Ia dapat dilakukan dengan hati atau lidah. Afdhalnya dengan kedua-duanya sekaligus”. 

Menurut Imam Al-Qurthubi: 
Asal usul makna dzikir adalah adanya kesadaran batin dan keinsafan hati terhadap sesuatu yang menjadi objek kesadaran. 

Sayyid Sabiq di dalam kitab Fiqh Sunnah menjelaskan bahwa: 

Dzikir atau mengingat Allah ialah apa yang dilakukan oleh hati dan lisan berupa tasbih atau mensucikan Allah, memuji dan menyanjung-Nya, menyebut kan sifat-sifat kebesaran dan keagungan serta sifat-sifat keindahan dan kesempurnaan yang telah dimiliki-NYA. 

Kehidupan umat Islam di zaman akhir seperti sekarang ini,  ramai manusia yang lalai dari pada mengingati Allah SWT dengan kesibukan kerja dan  kesibukan mencari duniawi. Dan kalaupun dilakukan ia hanya untuk ditunjukkan pada khalayak ramai yang  jauh dari pada mengingati Allah SWT.

Oleh kerana itu zikrullah yang di lakukan dengan cara yang benar, akan banyak memberi manfaat di dalam kehidupan manusia itu sendiri. 

Adapaun Manfa'at zikrullah dalam kehidupan umat Islam diantaranya adalah:

1. Zikrullah Dapat Mendatangkan Ketenangan Jiwa.

Allah SWT berfirman dalam Surah Ar-Ra'd, ayat 28:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Ertinya:
"orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram". (QS. al-Ra'd : 28).

2. Zikrullah Sebagai Ubat Untuk Menghilangkan Sifat Lupa.

وَاذْكُرْ رَبَّكَ إِذَا نَسِيتَ 

Ertinya:
"Dan Berdzikirlah menyebut Rabbmu jika kamu lupa". (QS Al Kahfi: 24).  
  
3. Orang Yang Sentiasa Berzikir Akan Selalu Diingat Dan Disebut Oleh Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam surah al-Baqarah ayat 152:

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُواْ لِي وَلاَ تَكْفُرُون

Ertinya:
"Oleh karena itu, ingatlah kamu kepada Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu (dengan memberikan rahmat dan pengampunan)”. (QS. Al-Baqarah : 152).

4. Zikrullah Adalah Pokok Pangkal Kesyukuran Hamba Kepada Allah SWT. 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda : 

“Sesungguhnya Allah berfirman : “Wahai keturunan Adam, sesungguhnya apabila kamu berdzikir kepada-Ku, maka kamu sungguh telah bersyukur kepadaKu, dan apabila kamu lupa tidak berdzikir, maka kamu telah kufur kepada-Ku” (HR.Thabrani). 

5. Zikrullah Termasuk Perkara Yang Paling Agung (Faedah Dan Kesannya) Di Sisi Allah SWT .

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Ankabuut, ayat 45:

 وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Ertinya:
"Dan sesungguhnya mengingat Allah adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah SWT Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.( QS. Al-'Ankabut:45 ).

Mu’adz bin Jabal berkata, Rasulullah saw bersabda:

“Tidak ada satu pun yang membuat merugi bagi penghuni surga melainkan apabila setiap waktu berlalu, namun mereka tidak berdzikir kepada Allah SWT” (HR. Thabrani dan Baihaqi ).

6. Orang Yang Banyak Zikrullah Akan Mendapatkan Darjat Paling Tinggi Disisi Allah SWT.

Abu Darda’ berkata, Rasulullah SAW bersabda : 

“Maukah aku khabarkan kepada kalian amal yang paling baik bagi kalian, paling suci di hadapan penguasa kalian, paling tinggi dalam derajat kalian, lebih bagus dari pada infaq emas dan perak kalian, serta lebih baik dari pada kalian berperang sehingga kalian membunuh mereka atau mereka membunuh kalian?”. Para sahabat menjawab : “Mau ya Rasulullah”. Rasulullah saw bersabda kembali: “Dzikir kepada Allah” (HR. Turmudzi).

Dari Abu Sa’id al-Khudry, Rasulullah SAW pernah ditanya :

 “Hamba yang bagaimana yang paling tinggi derajatnya di sisi Allah kelak di hari Kiamat?” Rasulullah saw menjawab : “Mereka yang banyak berdzikir kepada Allah SWT”. Aku bertanya : “Wahai Rasulullah, bagaimana dengan yang berperang di jalan Allah SWT?” Rasulullah SAW menjawab : “Sekalipun ia membunuh orang kafir dan orang musyrik sehingga berlimpah darah, tetap orang yang berdzikir lebih mulia derajatnya” (HR. Turmudzi). 

Berkata Abu Hurairah RA. Bersabda Nabi Muhammad SAW. telah mendahului “mufarridun “. Mereka (para sahabat) berkata: Apakah Mufarridun itu? Beliau menjawab: orang-orang lelaki dan perempuan yang banyak menyebut nama Allah SWT (HR. Imam Muslim)

7. Dzikrullah Merupakan Jiwa atau Roh Seluruh Peribadatan Manusia Kepada Allah SWT.

 Firman Allah SWT; dalam: Surah Thoha, ayat 14:

إِنَّنِي أَنَا اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدْنِي وَأَقِمِ الصَّلَاةَ لِذِكْرِي

Ertinya:
"Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku". (QS. Thoha : 14).

Rasulullah SAW bersabda di dalam hadith yang bermaksud :

"Akan datang pada suatu masa nanti, ramai orang yang mengerjakan shalat, tetapi mereka seperti belum mengerjakan shalat (kerana hati mereka lalai)." (HR. Ahmad). 

8. Banyak Berzikir Akan Memperoleh Keberuntungan Dan Kebahagiaan Dalam Kehidupan.

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Anfal ayat 45:

وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُون.َ
Ertinya:
"Dan sebutlah (nama) Allah SWT sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.” (QS.Al Anfal: 45) 

9. Berpaling Dari  Mengingat Allah SWT (Zikrullah) Akan Menjadi Teman Syaitan. 

Allah SWT berfirman dalam surah Az-Zukhruf ayat 36:

وَمَن يَعْشُ عَن ذِكْرِ الرَّحْمَٰنِ نُقَيِّضْ لَهُ شَيْطَانًا فَهُوَ لَهُ قَرِين.ٌ 

Ertinya:
"Barang siapa yang berpaling dari mengingati Zat Yang Maha Pemurah, kami adakan baginya syaitan  (yang menyesatkan) maka syaitan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya". (QS.Az-Zukhruf: 36).

10. Orang Yang Enggan Berzikir Akan Menjadi Orang-orang yang merugi Dalam Hidupnya.

Allah SWT berfirman dalam surah Al Munaafiquun ayat 9:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلا أَوْلادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

Ertinya:
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barang siapa berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi". (QS. Al Munaafiquun: 9).

11. Orang Yang Tidak Berdzikir Kepada Allah SWT Dianggap Seperti Orang Hidup Yang  Sudah Mati. 

Abi Musa ada meriwayatkan bahawa  Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي مُوْسَى رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ، قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَثَلُ الذِّي يَذْكُرُ رَبَّهُ وَالذِّي لاَ يَذْكُرُ رَبَّهُ مَثَلُ الْحَيِّ وَالْمَيِّتِ

"Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Allah dan orang yang tidak berdzikir, adalah seumpama orang yang hidup dan mati." (HR. Bukhari)

12. Semua Makhluk Allah SWT Di Atas Muka Bumi Ini Sentiasa Berdzikir (Bertasbih Memuji Allah).

Firman Allah SWT dalam surah Al-Isra' ayat 44 :

تُسَبِّحُ لَهُ السَّمَـوَتُ السَّبْعُ وَالاٌّرْضُ وَمَن فِيهِنَّ وَإِن مِّن شَىْءٍ إِلاَّ يُسَبِّحُ بِحَمْدَهِ وَلَـكِن لاَّ تَفْقَهُونَ تَسْبِيحَهُمْ إِنَّهُ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا

Ertinya:
"Langit yang tujuh dan bumi serta sekalian makhluk yang ada padanya, sentiasa mengucap tasbih bagi Allah SWT; dan tiada sesuatupun  melainkan bertasbih dengan memujiNya; akan tetapi kamu tidak faham akan tasbih mereka. Sesungguhnya Ia adalah Maha Penyantun, lagi Maha Pengampun". (QS.Al-Isra': 44).  

Wahai saudaraku sekalian,  ingatlah Allah SWT di mana pun kita berada dan dalam keadaan apapun kita. Lakukan dengan cara yang ikhlas dan baik bukan sekadar ingin ditunjukkan di depan khalayak ramai. Mudah-Mudahan keikhlasan kita akan di terima zikir kita disisi Allah SWT. Insya Allah. 

Ya Allah Engkaulah yang menghidupkan kami, jangan Engkau matikan kami ketika kami masih hidup. Hidupkanlah kami dengan dihidupkannya hati kami. Hidupkanlah hati kami Ya Allah dengan sentiasa mengingati-Mu dalam setiap langkah kaki kami dan helaan nafas kami. Mudah-Mudahan kami menjadi hamba-Mu yang sentiasa mengingati-Mu dalam hidup. Aamiinn Yaa Robbal 'Aalamiin !!!!!

Wallahu A'lam. 
Doakan istiqamah serta Sehat wal Afiat. 
Wassalam USM. (Ustaz Sihabuddin Muhaemin).

Catatan:
ILMU ITU MILIK ALLAH SWT UNTUK DISEBARKAN. 
Sila KONGSIKAN Dengan Sesama SAUDARA  KITA. 
Mudah-Mudahan bermanfaat Untuk Semua.
Di Dunia Dan Di Akhirat Nanti. Insya-Allah. Aamiinn !!!!!

Kritik Dan Saran Yang Membina Sangat Dialu-alukan. 
Sila tlp/sms kami, USM (012-6653988). 
Atau layari laman facebook:
http://www.facebook.com:
USM - Sihabuddin Muhaemin.

TERIMA KASIH.  
(Shah Alam, Rabu 25 Jamadil Akhir 1436 H).