5 PERKARA YANG MENAMBAHKAN KEBERKATAN DALAM HIDUP.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم 

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين و على آله وصحبه اجمعين. أما بعد:
  
TAZKIRAH HARI INI UNTUK RENUNGAN BERSAMA.   
(Shah Alam, Rabu 20 Mei 2015).

5 PERKARA YANG MENAMBAHKAN KEBERKATAN DALAM HIDUP. 
Keberkatan bukanlah pemberian Allah SWT yang datang tiba-tiba dengan tanpa sebab diturunkan kepada seseorang. 

Keberkatan merupakan sesuatu yang senantiasa diminta dan harus diusahakan oleh setiap manusia kepada pemiliknya iaitu Allah SWT.

Di antara sebab-sebab turunnya keberkahan adalah:

1. Berlandaskan keimanan dan ketakwaan dalam suatu kegiatan atau usaha. 

Allah SWT berfirman dalam Surah al A'raf, ayat 96:

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَىٰ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِم بَرَكَاتٍ مِّنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَٰكِن كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُم بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Ertinya:
"Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya". (QS. al A'raf, ayat 96).
2. Beramal shaleh dan berusaha memperbaiki hubungan dengan Allah SWT dan semua makhluk-Nya. 

Allah SWT berfirman, dalam Surah an-Nahl ayat 97:

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
Ertinya:
"Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan". (QS. An-Nahl: 97).
3. memulakan setiap pekerjaan dengan menyebut nama Allah SWT karena pada hakikatnya Dialah pemilik segalanya.

Rasulullah SAW bersabda:

"Berkumpullah kalian atas makanan dan sebutlah nama Allah SWT, maka Allah SWT akan memberikan keberkatan pada kalian di dalamnya." (HR. Abu Daud). 

4. Bersegera dalam melakukan kebaikan dan membuang rasa malas di pagi hari. 

Rasulullah SAW mendoakan keberkatan bagi orang-orang yang menyegerakan diri dan bersemangat di pagi hari dalam meraih sukses melalui doanya, "Ya Allah, berkatilah umatku yang (bersemangat ) di pagi harinya." (HR. Abu Daud).
5. Bersikap jujur dan amanah dalam melayan orang lain dengan baik dan ikhlas. 

Rasulullah SAW bersabda:

“Penjual dan pembeli itu diberi pilihan selama keduanya belum berpisah. Bila keduanya jujur dan menjelaskan (kondisi barangnya), maka keduanya diberkati dalam jual belinya. Namun bila keduanya menyembunyikan dan berdusta, maka akan dihilangkan keberkatan jual beli keduanya.” (HR. Bukhari-Muslim). 
Pada peringkat tertentu, keberkatan tidak selalu bersifat definitif dalam arti selamat, tetap, berterusan, baik, bertambah, dan tumbuh melainkan berarti puas dan redha dengan pemberian dan pembagian yang diberikan oleh Allah SWT. Dalam kategori ini orang-orang yang mendapatkan keberkatan juga merasakan hidup dengan perasaan aman dan bahagia. 

Rasulullah SAW bersabda, 

“Sesungguhnya, Allah SWT menguji hamba dengan pemberian-Nya. Barang siapa redha dengan pemberian Allah SWT terhadapnya, maka Allah SWT akan memberikan keberkatan baginya dan akan memperluasnya. Dan barang siapa tidak redha, maka tidak akan mendapatkan keberkatan-Nya.” (HR. Ahmad).
Semoga Allah SWT memberikan keberkatan terhadap rezeki, kediaman, keturunan dan semua anugerah yang diamanahkan kepada kita serta memberi kekuatan untuk senantiasa taat menjalankan perintah-Nya, menjauhi larangan-Nya dan melimpahkan kecukupan kepada kita atas pemberian-Nya. 

Ya Allah tambahkanlah keberkatan kepada kami dan keluarga kami dan umat Islam umumnya. Aamiinn Yaa Robbal 'Aalamiin !!!!!

Wallahu A'lam. 
Doakan istiqamah serta Sehat wal Afiat. 
Wassalam USM. (Ustaz Sihabuddin Muhaemin).

Catatan:
ILMU ITU MILIK ALLAH SWT UNTUK DISEBARKAN. 
Sila KONGSIKAN Dengan Sesama SAUDARA  KITA. 
Mudah-Mudahan bermanfaat Untuk Semua.
Di Dunia Dan Di Akhirat Nanti. Insya-Allah. Aamiinn !!!!!

Kritik Dan Saran Yang Membina Sangat Dialu-alukan. 
Sila tlp/sms kami, USM (012-6653988). 
Atau layari laman facebook:
http://www.facebook.com:
USM - Sihabuddin Muhaemin.

TERIMA KASIH.  
(Shah Alam. Rabu 2 Sya'ban 1436 H).